PULAU SARONDE

BAYANGKAN, berada di sebuah pulau yang cantik nan alami. Cuaca yang cerah berpadu dengan jernihnya air laut dan hamparan pasir putih. Tak ada kata lain selain keindahan dan Anda bisa berada di antara itu semua, di daratan mengapung bernama Pulau Saronde.

Pulau Saronde yang menjadi bagian Provinsi Gorontalo merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau cantik yang terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara ini mulai dikenal luas karena mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara.

Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri, sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Bukan hanya hamparan alamnya yang mempesona, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli, mereka sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.

Waktu penyelenggaraan adu cepat perahu tradisional ini merupakan salah satu momen keramaian di Kecamatan Kwandang. Bila beruntung menjadi bagian dalam acara ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat atau menikmati berbagai hiburan dan jajanan khas Gorontalo.

Bila hendak melihat keindahan Pulau Saronde, Anda yang datang dari luar Provinsi Gorontalo dapat menggunakan moda transportasi laut atau udara. Bila menggunakan jalur udara, Anda bisa memesan penerbangan yang mendarat di Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo.

Jika memilih jasa kapal laut, Anda dapat berlabuh di Pelabuhan Gorontalo atau di Pelabuhan Anggrek Kwandang, di Kabupaten Gorontalo Utara. Secara reguler, kapal penumpang seperti KM Umsini, KM Kambuna, KM Tilongkabil, serta KM Awu menyinggahi kedua pelabuhan laut tersebut.

Baik dari bandara atau pelabuhan, Anda dapat menggunakan jasa bus, mikrolet, bentor (bendi motor), atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan di Kota Kwandang. Jarak antara Kota Gorontalo dan Teluk Kwandang sekitar 50 kilometer.

Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Sesampainya di Pulau Saronde, Anda tidak perlu membayar biaya masuk, alias gratis.

Jika memerlukan penginapan, Anda dapat memperolehnya di Kota Kwandang, Ibu Kota Gorontalo Utara. Di kota ini Anda juga bisa mencari berbagai suvenir dan menikmati menu-menu masakan khas Gorontalo Utara. Bila ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa berkemah di Pulau Saronde. []wm/mi

Wisata Bahari Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde adalah pulau kecil yang indah, dengan pantainya yang berpasir putih dan karang yang tertata rapi secara alami. Banyak orang yang belum mengetahui akan keberadaan pulau saronde yang merupakan salah satu permata wisata Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara. Luas pulau ini hanya sekitar kurang lebih 1 km keliling dengan pesisir pantai yang mengelilingi pulau dan mempunyai ciri khas tersendiri. Dari bagian utara hingga ke barat sepanjang pantainya berpasir putih, dan dari selatan hingga ke timur sepanjang pantainya di penuhi bebatuan yang tertata rapi bagai ditata oleh tangan manusia serta dikelilingi oleh taman laut yang memiliki keindahan terumbu karang. Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, sekitar 65 km dari pusat kota gorontalo dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Untuk menempuh perjalanan dari pusat kota gorontalo hingga ke dermaga kwandang sebaiknya menggunakan kenderaan pribadi. Bagi pengunjung yang memilih naik angkot, naiklah angkot dengan rute kwandang dan biaya angkot per orang hanya Rp. 15.000.

Pulau Saronde merupakan gugusan dari pulau Ponelo (Desa Ponelo) Kecamatan Kwandang yang berjarak sekitar 12 mil dari dermaga pelabuhan Kwandang. Dan merupakan sebuah gugusan pulau kecil yang banyak. Jarak tempuh dari dermaga ke pulau saronde sekitar 60 menit. Dengan menggunakan jasa angkutan penduduk setempat yang sering disebut katinting. Di dermaga kwandang telah tersedia Taxi Wisata Pulau Saronde, denga tarif per orang Rp. 10.000 menuju pulau saronde.

TAXI WISATA PULAU SARONDETaxi Wisata Pulau Saronde

Di Wisata Bahari Pulau Saronde, para pengunjung atau wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan laut yang indah dengan pasir putih, berenang, berperahu, snorkeling dan menyelam. Keindahan lainnya yang dapat Anda nikmati di Pulau Saronde adalah menikmati panorama sunrise dan sunset. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan bermain volly pantai, sepakbola pantai, snorkling, pinswim dan kegiatan outbound lainnya. Pulau Saronde di promosikan sebagai salah satu potensi wisata Kabupaten Gorontalo Utara. Perairan di sekitar pulau ini masih bersih dan tidak tercemari oleh sampah – sampah industri. Waktu terbaik mengunjungi Pulau Saronde adalah pada saat liburan dan ada event – event, baik berskala daerah maupun berskala nasional.

Walaupun Pulau Saronde saat ini belumlah maksimal dengan aset pendukung dan sarana prasarana lainnya, terutama penginapan dan pemenuhan kebutuhan air bersih, pulau ini pernah mengalami zaman keemasan era 90-an, masa pemerintahan Bupati Gorontalo, Marthen Liputo. Pada waktu itu, pulau saronde terdapat banyak cottage tempat menginap para wisatawan. Sekarang cottage – cottage tersebut di renovasi dan hanya menyisakan dua buah cottage. Sarana pendukung lainnya, di pulau ini terdapat sebuah panggung untuk pagelaran seni budaya dan kegiatan lainnya. Sekarang pembenahan di segala bidang, baik aset pendukung wisata maupun sarana angkutan atau taxi wisata pulau saronde telah di akomodir oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara, dalam rangka mendukung program pemerintahan provinsi gorontalo di bidang pariwisata.

COTTAGE DI PULAU SARONDE

Di Pulau Saronde Wisatawan dapat mencari berbagai souvenir atau cendera mata yang terbuat dari biya serta menu – menu khas gorontalo. Keunikan cendera mata ini, terbuat dari keong – keong laut yang telah di poles oleh penduduk setempat dan dijadikan hiasan dinding dengan berbagai macam model dan ukuran. Harganya pun bervariasi, mulai dari 50 ribuan hingga ratusan ribu. Wisatawan pun dapat memanfaatkan tenda untuk berkemah jika ingin bermalam di pulau ini dan bila ingin menginap dengan fasilitas yang lebih memadai lagi, Wisatawan dapat mencarinya di seputaran Kota Kwandang, Ibukota Kabupaten Gorontalo Utara.

Di Pulau Saronde terdapat beberapa Cottage yang disewakan Rp. 150.000,- per malam, dan kita bisa menikmati sunset dan sunrise di Pulau ini. Kebutuhan air tawar dapat dijumpi di Pulau ini karena tersedianya sumber air tawar dari sumur yang terletak di Pulau Saronde. Namun saat ini keindahan dari Pulau ini harus mendapat perhatian dari pemerintah setempat khususnya perawatan, karena beberapa bekas kayu dan pohon banyak kita jumpai di pingir pantai dan ini sangat menganggu keindahan dari Pantai yang ada di Pulau ini.

Namun jika kita hanya menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkling dan bermain di pantai, maka disini juga tersedia beberapa Gazebo yang dapat kita gunakan.

pulau saronde juga kadang dipakai untuk acara festival tahunan pulau saronde. so..enjoyed saronde..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: