BENTENG OTANAHA

Benteng Otanaha dibangun sekitar tahun 1522 M oleh Raja Ilato atas prakarsa para  nahkoda kapal Portugis yang berlabuh di pelabuhan Gorontalo untuk memperkuat  pertahanan dan keamanan negeri dari serangan musuh. Benteng ini dibuat dari bahan-bahan berupa pasir, batu kapur dan telur burung maleo sebagai semen atau bahan perekatnya.

Menurut  cerita, Raja Ilato memiliki dua orang putri dan seorang putra, yaitu Ndoba, Tiliaya dan Naha.  Ketika berusia remaja, Naha pergi merantau ke negeri seberang, sedangkan kedua saudara perempuannya tinggal di wilayah Kerajaan Gorontalo. Singkat cerita, tahun 1585, Naha kembali ke negerinya dan memperistri Ohihiya. Hasil perkawinan mereka melahirkan Paha (Pahu) dan Limonu. Suatu  ketika, terjadi perang melawan pemimpin transmigran, Hemuto. Naha dan Paha tewas dalam perang tersebut. Limonu pun menuntut balas atas kematian ayah dan kakaknya.

Dalam perang melawan Hemuto, Naha, Ohihiya, Paha, dan Limonu memanfaatkan ketiga benteng tersebut sebagai pusat kekuatan pertahanan. Untuk mengenang perjuangan mereka, ketiga benteng di atas  diabadikan dengan nama benteng Otanaha, Otahiya, dan Ulupahu. Namun, dalam perkembangannya, benteng ini lebih dikenal dengan nama Benteng Otanaha.
B. Keistimewaan

Benteng Otanaha terletak di atas sebuah bukit. Untuk sampai ke puncak Benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki dengan melewati 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga. Uniknya, jumlah anak tangga pada setiap persinggahan tidak sama. Dari dasar ke tempat persinggahan I terdapat 52 anak tangga, dari persinggahan I ke persinggahan II terdapat 83 anak tangga, dari persinggahan II ke persinggahan III terdapat 53 anak tangga, dan dari persinggahan III ke persinggahan IV terdapat 89 anak tangga. Selanjutnya, untuk sampai ke area  benteng terdapat 71 anak tangga.

Meskipun pendakian tersebut cukup melelahkan, namun begitu tiba di puncak benteng, kelelahan itu segera terobati oleh keindahan alam di sekitar benteng. Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Limboto, sawah-sawah terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Selain itu, pengunjung akan merasakan suasana tenang dan hembusan semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.
C. Lokasi

Benteng  Otanaha terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat,  Kota Gorontalo, Gorontalo.
D. Akses

Benteng  Otanaha terletak sekitar 8 km dari Kota Gorontalo. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung dapat menyewa bentor (becak motor), karena tidak tersedia kendaraan umum, dengan waktu tempuh  sekitar 20 menit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: