Pemandian Air Panas Lombongo

Sebagai daerah vulkanis, Gorontalo juga memiliki beberapa sumber air panas alami. Salah satu yang terkenal adalah Mata Air Panas Lombongo.

Mata Air Panas Lombongo berada di tengah keindahan alam pedesaan.  Anda dapat merasakan kenyamanan mandi air panas (hangat) alami di lokasi ini sambil menikmati berbagai atraksi kesenian tradisional.

Pemandian Air Panas Lombongo atau Lombongo Hot Spring merupakan salah satu objek wisata alam andalan Provinsi Gorontalo.

Di resmikan pada tahun 1989 saat Gorontalo masih menjadi bagian dari wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan Objek Wisata Lombongo masih merupakan wilayah dari Kabupaten Gorontalo. Diresmikan oleh Bupati Gorontalo, DUV. P.P. Keppel pada tanggal 6 April 1989. Secara keseluruhan, kawasan objek wisata ini memiliki luas sekitar 32 hektar.

Di kawasan ini, terdapat dua jenis kolam renang. Yaitu kolam air panas dan kolam air dingin.

Kolam renang yang berisi air panas ini memiliki ukuran sekitar 500 m persegi dengan kedalaman 1 hingga 2 m. Disekitar kolam pemandian, terdapat aliran sungai dan air gunung yang sejuk serta berbagai jenis pepohonan. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah sibuk bekerja.

Pemandian air panas lombongo memiliki keunikan tersendiri yang sangat menakjubkan.

Air yang keluar dari mata air di sela ± sela bebatuan dapat digunakan untuk merebus telur hingga matang. Bahkan, air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Di hari-hari tertentu atau dalam agenda kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango, tempat ini seringkali di buat event ± event tradisional, sehingga pengunjung dapat menikmati air kolam renang sambil menyaksikan berbagai atraksi kesenian yang sering di pentaskan di tempat ini.

Lokasi pemandian air panas lombongo terletak di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Terletak sekitar 17 km dari Ibukota Provinsi Gorontalo.

Perjalanan dari Ibukota Provinsi Gorontalo menuju lokasi wisata dapat ditempuh dengan menggunakan, motor, mobil pribadi, mobil angkot dan kenderaan khas Gorontalo, Bentor.

Pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan tidak perlu khawatir. Disekitar lokasi wisata tersedia warung- warung tradisional masyarakat lokal yang menjual makanan serta aneka cemilan.

Obyek wisata pemandian air panas di Lombongo merupakan salah satu lokasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Bone Bolango dengan prospek yang sangat menjanjikan. Hal ini dilihat dari frekuensi kunjungan yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.Pemandian Air Panas Lombongo yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolongo berada pada lokasi yang berbatasan langsung dengan kawasan TN BNW. Sehingga sebagian besar pengunjung yang mengunjungi pemandian air panas juga akan menghabiskan waktu dengan berendam di Sungai Boliohuto yang berada dalam kawasan TN BNW. Jaraknya yang sangat dekat dari ibu kota Provinsi yaitu ± 18 km dengan waktu tempuh ± 20 menit dan dari ibu kota Kabupaten Bone Bolongo dengan jarak ± 8 Km dengan waktu tempuh ± 10 menit merupakan keunggulan lain dari OWA ini. OWA ini merupakan tempat yang sempurna untuk berakhir pekan dengan dukungan fasilitas pengunjung yang lengkap seperti cottage, warung makan, kafe serta kolam renang air panas yang dapat dimanfaatkan setiap saat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: